Cara Aman Melakukan Transaksi Online


Perkembangan teknologi memang memudahkan kita dalam segala hal. Salah satunya adalah semakin maraknya pertumbuhan toko online atau online shop. Dengan online shop kita tidak perlu repot keluar rumah saat ingin mencari atau membeli sebuah barang atau produk. Kita bisa melakukan pemesanan dan pembayaran secara online. Selain itu kita juga bisa mendapatkan barang atau produk yang belum tersedia di kota yang kita tinggali.
Bagi orang awam tentu saja masih ada rasa takut saat ingin melakukan transaksi melalui media online ini. Hal tersebut sangatlah wajar mengingat banyaknya penipuan melalui media online. Namun bukannya saya mengatakan transaksi secara online itu tidak aman, karena sebenarnya ada cara untuk melakukan transaksi online sacara aman.
Berikut beberapa cara aman saat ingin melakukan transaksi secara online:

  1. Biasakan sebelum membeli barang atau produk secara online periksalah deskripsi dari barang atau produk yang akan kita beli. Kita harus teliti sebelum membeli, apalagi barang yang akan kita beli merupakan barang dengan harga yang mahal.
  2. Jangan lupa untuk melihat reputasi dari web atau situs tempat kita membeli barang tersebut. Biasakanlah membaca komentar dari para pembeli sebelumnya.
  3. Untuk pembayaran, Berhati-hatilah dengan metode pembayaran yang tidak biasa, seperti sebagian pembayaran dilakukan dari beberapa rekening, atau menggunakan metode pembayaran tunai via pos. Alangkah baiknya kalian tidak melakukan pembayaran dengan cara seperti itu.
  4. Jagalah informasi pribadi kalian, informasi keuangan kalian baik yang online maupun offline. Hal ini sangatlah penting untuk keamanan keuangan dan diri kalian.
  5. Jangan mudah tertipu dengan telephone atau email yang menanyakan informasi rekening kalian. Karena eBay atau Paypal tidak tidak pernah meminta password atau informasi keuangan lainnya melalui email atau telephone.
  6. Sangat disarankan untuk menggunakan metode pembayaran yang aman atau yang sudah kalian pahami. Salah satu metode aman dan terpercaya yang sering digunakan untuk transaksi online adalah PayPal.
Berhati-hati merupakan cara terbaik untuk menghindarkan diri dari kejahatan. Semoga tulisan ini dapat membantu dan bermanfaat buat kita semua...

Comments

  1. makasih lho min solusi dan tipsnya sangat berguna untuk dipraktekan .. mengingat sekarang apa-apa melalui online
    solder uap

    ReplyDelete

- Gunakanlah kolom komentar dengan bijak.
- Biasakan menggunakan bahasa yang sopan dalam berkomentar.
- Blog ini tidak menggunakan moderasi dalam kolom komentar, namun admin memiliki hak untuk menghapus komentar jika komentar tidak sesuai dengan norma yang ada.