Cara Membuat Timer ShutDown Pada PC/Komputer

Mungkin trik yang akan saya share kali ini bukanlah trik baru. Tapi lumayan berguna buat kita-kita yang pengen ngatur jadwal Shutdown PC kesayangan kalian. Ya mirip-mirip kayang timer di TV itu loh yang bisa bikin tuh TV mati sendiri. Trik ini saya pakai sih bukan karena jadwal saya yang padat, tapi karena saya sering ketiduran kalo lagi maenin PC. Ya daripada buang-buang listrik karena PC yang tetep nyala sementara kita tertidur pulas. Kan katanya kita harus hemat energi demi anak cucu kita..hehe..

Emang sih trik kayak gini kagak begitu penting, soalnya kita kan juga bisa pake fasilitas Sleep atau Hibernate. Fitur ini juga bisa kita atur waktunya. Cuma biasanya kalo ada aplikasi aktif fitur ini tetep gak jalan. So jalan terbaik ya kudu pake trik ini..
Sebenernya trik apaan sih? Dari tadi ngomongnya trak-trik-trak-trik mulu gak dijelas-jelasin caranya..hehe.. sabar mas bro, bukannya saya mau berbelit-belit atau bertele-tele..tapi emang kenyataannya gitu..xixixi..
Yaudahlah yuk langsung saja (takut yang baca keburu marah :p ). Trik kali ini adalah trik untuk membuat PC kesayangan bisa Shutdown sesuai jadwal yang kita atur. Trik ini cocok buat kalian-kalian yang punya jadwal kelewat padat sampai-sampai tidak ada waktu buat matiin si PC.
Berikut langkah-langkah membuat shutdown otomatis buat PC :
  1. Pertama-tama klik start, lalu ketikan Task Scheduler pada kolom search programs and files kemudian tekan enter. Bisa juga dengan cara klik Start-->All Program-->Accessories-->System Tools-->Task Scheduler.
  2. Setelah masuk Task Scheduler, pilih Create Basic Task.
  3. Beri nama pada kolom Name. Urusan nama terserah kalian mau dikasih nama apa yang penting diisi. Setelah itu klik Next.
  4. Pada tab Trigger kalian bisa bebas memilih. Kalo cuma mau mencoba pilih yang One Time yang berarti cuma jalan satu kali saja.
  5. Setelah memilih Tigger, langkah berikutnya adalah menentukan tanggal dan jam kapan PC kalian akan shutdown dengan sendirinya kemudian klik Next.
  6. Pada tap Action pilih Start Program kemudian klik Next.
  7. Pada program/script, pilih browse lalu cari yang yang shutdown.exe sambil ditambahkan /s dibelakangnya, lalu Next Setelah itu Finish.
Selesai, mudah bukan? Memang mudah tapi buat yang belum tau ya tetep aja susah..hehehe.. Trik ini baru saya coba di windows 7, jadi tidak tahu apakah bisa jalan juga di OS lain selain windows 7.
OK, sekian dulu postingan nggak berguna saya kali ini..semoga menambah pengetahuan kalian dan bisa bermanfaat.. :)

0 komentar

Posting Komentar

- Gunakanlah kolom komentar dengan bijak.
- Biasakan menggunakan bahasa yang sopan dalam berkomentar.
- Blog ini tidak menggunakan moderasi dalam kolom komentar, namun admin memiliki hak untuk menghapus komentar jika komentar tidak sesuai dengan norma yang ada.